Mela Shafira Dian Afifah - B01218021
NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
SYAIR-SYAIR LAGU KARYA OPICK ( KAJIAN TENTANG ALBUM SEMESTA ISTIGHFAR)
Disusun
Oleh:
Mela
Shafira Dian Afifah
(
NIM: B01218021)
Kelas
A2
Mentor:
Drs.
Masduqi Affandi, M. Pd. I
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
JURUSAN KOMUNIKASI
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
JURUSAN KOMUNIKASI
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA
2019
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Di
era global seperti saat ini umat islam
dihadapkan pada tantangan modernisme yang terutama didorong oleh pengaruh
kemajuan teknologi dan masuknya budaya asing. Pada era ilmu pengetahuan dan
teknologi (iptek) sekarang ini,pendidikan agama islam dituntut untuk melakukan
antisipasi baik dalam pemikiran dataran pemikiran (konsep) maupun dataran
tindakan. Sementara itu musik didunia islam sebenarnya sudah tidak asing lagi
karena Al-Quran sendiri adalah syair-syair Tuhan yang di lantunkan dengan suara
yang merdu dan bacaannya diperindah maka hal itu sudah dapat disebut musik.
Dari zaman klasik sampai sekarang ini, banyak aliran music seperti jazz, pop,
rock, hip hop, dangdut, dan lain sebagainya.
Akan tetapi dari sekian banyak jenis music dan lagu yang ada, ternayata
para komposer (pencipta lagu) cenderung memakai cerita dan masalah percintaan
dalam menulis sayai-syair lagunya. Hanya beberapa komposer saja yang
menceritakan tentang nilai-nilai pendidikan dan realita sosial, misalnya lagu
yang berisi tentang kritik sosial masyarakat dan keadaan negara seperti
lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Iwan Fals. Sebagai contoh lagu Iwan Fals
berjudul Oemar Bakri. Lagu tersebut menceritakan perjalanan dan
perjuangan hidup seorang guru ( pegawai negeri ) di Indonesia. Selain Iwan
Fals, ada juga musisi yang yang sekaligus penyanyi yang syair-syairnya mengungkapkan
tentang keadaan alam yang perlahan akan musnah, dia adalah seorang penyanyi
legendaris Ebit G. Ade. Beberapa lagunya menceritakan tentang realita yang
terjadi di negeri ini, seperti dalam lagu yang berjudul Berita Kepada Kawan.
Lagu ini menceritakan tentang kondisi alam yang semakin banyak bencana, manusia
terlalu asyik urusan masing-masing sehingga lupa dengan kondisi alam.
Seperti Halnya kedua musisi
tersebut, Aunur Rofiq Lil Firdaus atau yang lebih dikenal dengan sebutan Opick
, membawa aroma baru dalam kancah music Indonesia, dia adalah seorang penyanyi
sekaligus pencipta lagu-lagu bernafaskan islami yang dikemas rapi, syahdu nan
indah dalam aliran musik pop kontemporer yang syarat akan nilai-nilai
spiritual.
Menurut Opick, Lagu merupakan hasil
proses kreatif seseorang yang melibatkan pikiran dan renungan yang kontemplatif
dan konsisten dengan symbol, dan pemaknaan yang diliat dan diamati dalam
kehidupan seorang pengarang.Kadang seorang pencipta lagu harus keluar dari
dirinya untuk melihat realitas diri dan sekelilingnya. Lalu menggambarkandan
menuangkan dalam bait-bait lirik, ritme, notasi dan melodi. Sehingga kadang
ketika seseorang mendengar dengan telinganya ia akan merasakaan getaran melodi
yang menarik hatinya. Menjawab kelelahan dan kepenatan batinya, dan menemukan
makna tersembunyi di balik lirik tersebut.
Sebagai contoh, nasihat-nasihat
dalam lirik lagu ‘’Tombo Ati’’, sebagai peninggalan para wali hingga hari ini
masih didengar dan dihafal oleh umat muslim di Indonesia, serta menjadi obat
hati bagi seorang muslim yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini
terjadi karena lagu Tombo Ati sering dilantunkan dengan irama yang dapat
menggetarkan hati.
Dengan menyimak lagunya,seorang
pendengar atau penikmat lagu akan mengalami pesan apa yang ingin disampaikan
oleh sang pencipta lagu kepada para pendengar. Misalnya lagu religi Opick yang
syairnya sangat kental akan nuansa ketuhanan. Dalam lagunya opick banyak
mengajak audiens untuk berdzikir, bersholawat, beristighfar, mengingatkan
kepada kematian dan banyak juga disampaikan nasihat-nasihat mengenai peristiwa
hari akhir dengan tujuan untuk mengingatkan para pendengar supaya tidak terlalu
sibuk dengan urusan duniawinya akan tetapi harus mencari bekal untuk kehidupan
yang akan datang.
B. Objek Kajian
a. Material
Opick dalam pesan dakwah melalui
syair-syair lagu
b. Kajian Formal
Makna
pesan yang di analisis dengan nilai-nilai pendidikan agama islam dalam
syair-syair lagu karya opick.
C.
Rumusan Masalah
Dari
Uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa pokok
permasalahan sebagai berikut:
1.
Nilai-nilai
pendidikan agama islam apa saja yang terkandung dalam syair-syair lagu religi
karya Opick ?
2.
Bagaimana fungsi
syair-syair lagu religi Opick dalam pendidikan agama islam ?
D.
Tujuan Penelitian
Adapun
Tujuan Penelitian :
1.
Mengkaji dan
memahami lebih dalam nilai-nilai pendidikan agama islam dalam syair-syair lagu
religi karya Opick
2.
Untuk mengetahui
fungsi syair lagu religi karya Opick dalam pendidikan agama islam.
E.
Kontribusi
Bagi
masyarakat umum dapat menambah wawasan dan juga meningkatkan hubungan muamalah
yang baik.
F. Thesis Statement
Dalam
penelitian ini, peneliti ini menemukan nilai-nilai pendidikan agama islam dalam
syair-syair lagu karya opick.
G. Paradigma
Penelitian
ini menggunakan paradigma fenomenologi. Yaitu melibatkan pengujian yang teliti
dan seksama pada kesadaran pengalaman manusia. Konsep utama dalam paradigma ini
adalah makna. Makna merupakan isi penting yang muncul dari pengalaman kesadaran
manusia.
H.
Landasan Teori
Dalam
Penelitian ini penulis menggunakan media pendidikan sebagai landasan teori.
Kata media berasal dari Bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata
medium yang secara harfiah yang berarti perantara atau pengantar. Banyak
batasan yang diberikan orang tentang media. Asosiasi teknologi dan komunikasi
pendidikan di amerika membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang
digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. Gagne (1970) menyatakan
bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat
merangsangnya untuk belajar. Sementara itu bringgs(1970) berpendapat bahwa
media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang
siswanya untuk belajar, buku, film adalah contoh-contohnya.
I.Sistematik
Penulisan
Dalam
Penulisan penelitian ini, untuk lebih mudah memahami penulisan ini, maka
disusunlah sistematika pembahasan antara lain:
BAB
I PENDAHULUAN
Pada
bab pe4mbahasan ini berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan , manfaat
penelitian , objek kajian, thesis statement, paradigm naturalis, landasan teori
dan sistematika penulisan.
BAB
II : KAJIAN PUSTAKA
Pada bab ini akan membahas tentang nilai-nilai
pendidikan islam, yang meliputi pengertian nilai, pengertian pendidikan islam,
pengertian nilai-nilai pendidikan islam, landasan dan tujuan pendidikan islam,
macam nilai pendidikan Islam serta sumber belajar. BAB
III : METODOLOGI PENELITIAN
Pada bab ini berisikan tentang gambaran umum tentang Aunur Rofiq Lil
Firdaus (Opick) yang meliputi, biografi, karya Aunur Rofiq Lil Firdaus (Opick) .
BAB
IV : TINJAUAN PUSTAKA
Dalam bab ini akan membahas tentang
komponen nilai-nilai pendidikan Islam dalam syair religi Aunur Rofiq Lil
Firdaus (Opick).
BAB V Berisi
penutup yang meliputi: kesimpulan, saran.
KAJIAN PUSTAKA
A.
PENDIDIKAN ISLAM
1.
Pengertian Pendidikan Islam
ta’dib yang
mengandung arti ilmu pengetahuan, pengajaran dan pengasuhan yang mencakup
beberapa aspek yang saling terkait seperti ilmu, keadilan, kebijakan, amal,
kebenaran, nalar, jiwa, hati, pikiran, derajat dan adab.
2.
Pengertian nilai
suatu bentuk penghargaan serta keadaan yang bermanfaat bagi
manusia sebagai penentu dan acuan dalam menilai dan melakukan suatu
tindakan.
3.
Macam-macam metode pendidikan islam
Metode
Pembiasaan
Pembiasaan adalah sebuah cara
yang bisa dilakukan buat membiasakan murid berfikir, bersikap & bertindak
sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.
Metode
Keteladanan
Metode keteladanan adalah
suatu cara mendidik atau mengajar yang dilakukan sang pengajar dengan
mencerminkan perilaku yg dapat diteladani atau dicontoh sang siswa.
Metode
Pemberian Hukuman
Dalam bahasa arab “hukuman”
diistilahkan menggunakan”Iqab” yg ialah balasan.
Metode
Ceramah
Metode ceramah merupakan
menyampikan sebuah materi pelajaran menggunakan cara penuturan ekspresi kepala
anak didik atau halayak ramai.
BAB
III
METODOLOGI PEMBAHASAN
A. Biografi Opick
1. Profil Singkat Opick
Aunur Rofiq Lil Firdaus atau lebih dikenal dengan nama Opick (lahir di Jember, Jawa Timur, 16
maret 1974 umur 45 tahun) merupakan seorang pencipta lagu dan penyanyi lagu-lagu religi
beretnis Jawa berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal
melalui salah satu karyanya, Dealova, yang dinyanyikan
oleh Once Mekel. Lagu ini
merupakan original sound track film dengan judul
yang sama. lbum pertamanya ialah Istighfar dirilis
tahun 2005.
Sebulan pertama setelah dirilis, album ini mampu mencetak dobel platinum dengan
penjualan lebih dari 300 ribu kopi. Dalam album tersebut, Opick memasukkan
lagunya yang berjudul Tombo Ati ke dalam album solonya. Sebelumnya,
Opick memasukkan lagu itu ke dalam album kompilasi Tausiyah Dzikir dan
Nasyid. Album Istighfar sukses di pasaran, hingga menembus lebih dari
800 ribu kopi dan mendapat penghargaan lima platinum sekaligus. Karena
aktivitasnya dalam lagu Islami, Opick dinobatkan sebagai duta grup musik Islami Nasyid oleh
lembaga ANN (lembaga nasyid nusantara).
Tahun
2006 pria yang mengaku pernah memiliki band yang membawakan lagu-lagu rock itu merilis
album keduanya berjudul Semesta Bertasbih (2006). Dalam album
tersebut terdapat sepuluh lagu, diantaranya Taqwa, Irhamna, Takdir, Teranglah
Hati, 25 Nabi, Semesta Bertasbih, Bismillah, Satu Rindu, Buka Mata Buka Hati
dan Ya Rasul. Lagu yang hit dalam album tersebut adalah Takdir yang
dinyanyikannya bersama Melly Goeslaw.
Selain dengan Melly, Opick juga berduet dengan Wafiq Azizah,
remaja yang berprestasi sebagai qoriah cilik
internasional terbaik dalam lagu Yaa Rasul. Ada pula kolaborasi Opick
dengan grup nasyid Pandawa Lima di lagu Teranglah Hati.
Bulan Agustus 2006, tak lama setelah meluncurkan album kedua, Opick
mengeluarkan buku berjudul Opick, Oase Spiritual Dalam Senandung.
2. Karya-karya Opick
Penyanyi kenamaan Opick ini sudah banyak menciptakan karya-karya nya dan tidak jarang mendapatkan penghargaan dari berbagai
pihak. Berikut daftar album musik yang pernah dimiliki opick :
a. Jejak Langkah (album)
Jejak langkah merupakan sebuah album musik dirilis pada tahun 1999 dengan lagu utamanya yang berjudul
yang terindah . album ini bergenre pop rock, berbeda
dengan citra religius yang dimiliki opick pada album-album
berikutnya. Berikut ini lagu-lagu pada album ini :
1) Panggung Kesunyian
2) Pasar Malam di Kepalamu
3) Yang Terindah
4) Mata Merah Saga
5) Kereta
6) Nyanyian kamar
7) Nyanyian waktu
b. Tak Ada Habisnya (album)
Album ini dirilis pada tahun 2003 dengan lagu utamanya yang berjudul Kenalilah. Album ini bergenre
Pop
Rock sama seperti album sebelumnya.lagu- lagunya antara lain :
1) Jika Kau Cinta
2) Lelah Sepi Rindu Benci
3) Kenalilah
4) Siapa Aku
5) Yang Terindah
6) Terbaik Terburuk
7) Anugerah
8) Beku
9) Bidadari Sepi
10) Jangan Pernah Terhenti
c. Istighfar (album )
Istighfar adalah album religi pertama karya opick . dirilis pada 1 Oktober 2005.
Hits single album ini adalah lagu tombo ati , alhamdulilah
( dinyanyikan
berduet dengan Rachel Amanda ) dan lagu Astaghfirullah, berikut lagu-lagu yang terdapat pada album ini :
1) Astaghfirullah ( istighfar )
2) Alhamdulillah ft.Rachel Amanda
3) Kesaksian Diri
4) Ya Robbana ft.Jeffry Al Buchori (Alm)
5) Allah Maha Besar
6) Shawalat Nabi
7) Kembali Pada Allah
8) Cukup Bagiku ft.Gito Rollies
9) Bila Waktu Telah Berakhir
10) Tombo Ati
d. Semesta Bertasbih ( album )
Semesta Bertasbih adalah album musik kedua karya Opick. Dirilis tahun
2006, dengan lagu unggulanya ialah Takdir yang dinyanyikan berduet dengan
Melly Goeslaw. Selain itu lagunya Irhamna berhasil menjadi MTV ampuh song
of the year. Lagu Taqwa merupakan adaptasi intro
ketukan dari lagu Take Me To
Young Heart yang dibawakan band populer asal Denmark , Michael Learns to
Rock. Dengan lagu-lagu pada album ini ialah :
1) Taqwa
2) Irhamna
3) Takdir
4) Teranglah Hati
5) 25 Nabi
6) Semesta Bertasbih
7) Bismillah
e. Ya Rahman ( album )
Ya Rahman adalah album musik ketiga karya opick . dirilis
tahun 2007. Lagu terpopulernya ialah Taubat.lagu-lagu nya ialah :
1) Assalamualaikum
2) Taubat
3) Rapuh
4) Pewaris Surga
5) Mendambamu
6) Haji
7) Allah Cinta
8) Beruntunglah
9) Ya Rahman
10) Husnul
Khotimah
11) Sedekah
12) Allahu Ya Salam
f. Cahaya Hati ( album )
Cahaya Hati adalah album musik keempat karya Opick. Dirilis
tahun
2008. Lagu populernya ialah Cahaya Hati ,Ya Nabi Salam dan Ramadan Tiba. Lagu-lagunya ialah :
1) Hanya Allah
2) Cahaya Hati
BAB
IV
TINJAUAN PUSTAKA
Namun dijelaskan lagi secara garis besarnya, aspek ajaran
Islam terdiri atas 3 hal, yaitu aqidah, syariah dan akhlak.
1.
Nilai Pendidikan Keimanan (Aqidah)
Menurut Hasyim,
aqidah atau iman
merupakan fondasi dari ajaran Islam yang sifat ajarannya pasti, yaitu meng-Esakan Tuhan. Pembahasan pokok aqidah Islam berkisar
pada aqidah
yang telah terumuskan dalam rukun
Iman yang enam, yaitu iman
kepada Allah, iman kepada Malaikat Allah, Iman kepada Kitab-kitab
Allah, Iman kepada Rasul-rasul-Nya, iman kepada Hari Akhir dan Iman kepada Qadla dan Qadar Allah.
Oleh karena itu, pendidikan keimanan, harus dijadikan
sebagai
salah satu pokok dari pendidikan kesalehan anak. Dengannya dapat
diharapkan bahwa kelak
ia akan tumbuh dewasa
menjadi insan yang
beriman kepada Allah SWT., melaksanakan segala
perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan
keimanan yang sejati
bisa membentengi
dirinya dari berbuat dan
berkebiasaan buruk.
2. Nilai Pendidikan Ibadah
Ibadah adalah tunduk
patuh yang timbul dari kesadaran hati akan keagungan yang disembah yaitu
Allah swt, karena yakin
bahwa sesungguhnya Allah swt itu mempunyai kekuasaan yang tidak dapat dicapai oleh
akal akan hakekatnya Ibadah dalam pandangan ilmu Fiqh ada
dua yaitu ibadah mahdloh dan ibadah ghoiru mahdlah. Ibadah
mahdloh adalah ibadah yang telah ditentukan oleh
Allah bentuk, kadar atau
waktunya
seperti halnya shalat, zakat, puasa dan
haji. Sedangkan ibadah ghairu mahdloh adalah sebaliknya, kurang
lebihnya yaitu segala bentuk aktifitas manusia yang diniatkan untuk memperoleh ridha dari Allah SWT.
3. Nilai Pendidikan Akhlak
Kata akhlak berasal dari bahasa arab yang artinya budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. Akhlak tidak hanya merupakan tata aturan
atau norma perilaku yang mengatur hubungan antara sesame manusia, akan tetapi
juga norma yang
mengatur hubungan
antara
manusia dengan Tuhan dan bahkan dengan seluruh alam semesta.
Manusia memang diberikan
dua jalan (najdain) yakni jalan yang baik (taqwa) dan jalan yang buruk (fujur). Keduanya
menjadi potensi yang ada dalam diri
manusia sejak awal penciptaan manusia. Akan tetapi walau kedua potensi itu ada
dalam diri manusia tetap saja ditemukan
isyarat dalam Al-Qur’an
bahwa kebajikan lebih
dahulu menghiasi jiwa manusia daripada kejahatan, dan bahwa manusia pada
dasarnya cenderung pada kebaikan.
BAB V
Simpulan
Berdasarkan hasil
penelitian yang telah penulis
lakukan
yaitu menganalisis dan mendeskripsikan tentang
kandungan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam syair lagu Aunur Rafiq Lil Firdaus (Opick) pada album “Istighfar”. Sebagaimana telah
disebutkan pada bab-bab sebelumnya akhirnya dapat diambil kesimpulan
bahwa terdapat
nilai-nilai
pendidikan
Islam dalam
lirik lagu Opick pada album “Istighfar” tahun 2005 yaitu:
1. Nilai-nilai pendidikan Islam diantaranya
adalah nilai
pendidikan aqidah, yaitu berisi tentang keimanan yang meyakini adanya Allah swt dan Rasul-rasul Allah. Nilai pendidikan Ibadah yang
berisi tentang menjalankan
Ibadah sebagai bentuk kepatuhan kepada Allah swt dan do’a serta nilai pendidikan akhlak
yang berisi tentang taubat, tolong menolong terhadap sesama manusia
dan syukur
nikmat
kepada Allah
swt.
|
2. Nilai-nilai pendidikan
Islam
yang ada pada syair lagu tersebut dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari dan
lagu religi bisa dijadikan sebagai sumber belajar bagi guru mata pelajaran agama Islam di sekolah maupun diluar sekolah. Lagu religi bisa dikatakan sebagai salah satu sumber belajar apabila memiliki kriteria, seperti adanya pesan yang
sangat baik dan mendidik
bagi yang medengarkannya. Praktis dan sederhana, bersifat fleksibel dapat digunakan
kapan saja, serta dapat memotivasi untuk menjadi lebih
baik, disamping itu untuk mendapatkan sumber belajar tidak
harus menggunakan dana dan fasilitas yang mahal, dengan memanfaatkan media yang
sudah ada seperti VCD dan kaset, sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja.
Saran
1. Bagi Musisi, musik merupakan bagian dari hiburan
dimasyarakat sehingga
dapat dijadikan sebagai media dan sumberi pendidikan bagi mendengarkannya, oleh karena itu penulis member saran
agar dalam menciptakan lirik lagu yang khususnya mengandung unsur religi, pesan yang disampaikannya dapat memberikan motivasi agar dapat
dijadikan sebagai panutan bagi pendengarnya menjadi lebih baik.
2. Bagi
pecinta musik, agar dapat memilih dan mengambil hikmah
disetiap lagu yang didengarkannya. Diutamakan dalam
memilih lagu tersebut yang didalamnya terdapat nilai pendidikannya serta membeli karya yang asli.
3. Bagi Guru Pendidikan
Islam, dalam mengajarkan nilai
pendidikan Islam dapat menggunakan lagu religi sebagai
salah satu sumber belajar untuk menyampaikan materi kepada peserta didik.
Sumber
1.Skripsi
Endang,’’
Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Lagu-Lagu Kasidah Bimbo’’ Jurusan Pendidikan
Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2001.
2.Abdurrahman
Mas’ud Dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2001
Youtube
3. Syair lagu Opick Tombo ati : https://youtu.be/oFJBpHw2XbQ
4.Syair
lagu Opick bertasbih : https://youtu.be.7s9kl1Jn2laq
5
Syair lagu Opick feat amanda Satu Rindu
: https://youtu.be/78o9szKp6Uo
6.
syair lagu opick feat melly goeslow : https://youtu.be/u8JT8n0X9E
7. syair lagu opick di bawah langitmu : https://youtu.be/1S583KSaS1k
8. syair lagu opick rahmat-NYA : https://youtu.be/ohj_iapBhxc
9. syair lagu opick assalamualaikum : https://youtu.be/I3pYBTOb2Io
10. syair lagu opick rapuh: https://youtu.be/V1cL9l4vl-A
Komentar
Posting Komentar