Mela Shafira Dian Afifah - B01218021




NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR-SYAIR LAGU KARYA OPICK ( KAJIAN TENTANG ALBUM SEMESTA  ISTIGHFAR)

Disusun Oleh:
Mela Shafira Dian Afifah
( NIM: B01218021)
Kelas A2
Mentor:
Drs. Masduqi Affandi, M. Pd. I
PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM
JURUSAN KOMUNIKASI
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI                    
                    UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL                                             SURABAYA
                 
 2019


BAB I
 PENDAHULUAN
 
A.Latar Belakang   
Di era global  seperti saat ini umat islam dihadapkan pada tantangan modernisme yang terutama didorong oleh pengaruh kemajuan teknologi dan masuknya budaya asing. Pada era ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sekarang ini,pendidikan agama islam dituntut untuk melakukan antisipasi baik dalam pemikiran dataran pemikiran (konsep) maupun dataran tindakan. Sementara itu musik didunia islam sebenarnya sudah tidak asing lagi karena Al-Quran sendiri adalah syair-syair Tuhan yang di lantunkan dengan suara yang merdu dan bacaannya diperindah maka hal itu sudah dapat disebut musik. Dari zaman klasik sampai sekarang ini, banyak aliran music seperti jazz, pop, rock, hip hop, dangdut, dan lain sebagainya.  Akan tetapi dari sekian banyak jenis music dan lagu yang ada, ternayata para komposer (pencipta lagu) cenderung memakai cerita dan masalah percintaan dalam menulis sayai-syair lagunya. Hanya beberapa komposer saja yang menceritakan tentang nilai-nilai pendidikan dan realita sosial, misalnya lagu yang berisi tentang kritik sosial masyarakat dan keadaan negara seperti lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Iwan Fals. Sebagai contoh lagu Iwan Fals berjudul Oemar Bakri. Lagu tersebut menceritakan perjalanan dan perjuangan hidup seorang guru ( pegawai negeri ) di Indonesia. Selain Iwan Fals, ada juga musisi yang yang sekaligus penyanyi yang syair-syairnya mengungkapkan tentang keadaan alam yang perlahan akan musnah, dia adalah seorang penyanyi legendaris Ebit G. Ade. Beberapa lagunya menceritakan tentang realita yang terjadi di negeri ini, seperti dalam lagu yang berjudul Berita Kepada Kawan. Lagu ini menceritakan tentang kondisi alam yang semakin banyak bencana, manusia terlalu asyik urusan masing-masing sehingga lupa dengan kondisi alam.
            Seperti Halnya kedua musisi tersebut, Aunur Rofiq Lil Firdaus atau yang lebih dikenal dengan sebutan Opick , membawa aroma baru dalam kancah music Indonesia, dia adalah seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu-lagu bernafaskan islami yang dikemas rapi, syahdu nan indah dalam aliran musik pop kontemporer yang syarat akan nilai-nilai spiritual.
            Menurut Opick, Lagu merupakan hasil proses kreatif seseorang yang melibatkan pikiran dan renungan yang kontemplatif dan konsisten dengan symbol, dan pemaknaan yang diliat dan diamati dalam kehidupan seorang pengarang.Kadang seorang pencipta lagu harus keluar dari dirinya untuk melihat realitas diri dan sekelilingnya. Lalu menggambarkandan menuangkan dalam bait-bait lirik, ritme, notasi dan melodi. Sehingga kadang ketika seseorang mendengar dengan telinganya ia akan merasakaan getaran melodi yang menarik hatinya. Menjawab kelelahan dan kepenatan batinya, dan menemukan makna tersembunyi di balik lirik tersebut.
            Sebagai contoh, nasihat-nasihat dalam lirik lagu ‘’Tombo Ati’’, sebagai peninggalan para wali hingga hari ini masih didengar dan dihafal oleh umat muslim di Indonesia, serta menjadi obat hati bagi seorang muslim yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini terjadi karena lagu Tombo Ati sering dilantunkan dengan irama yang dapat menggetarkan hati.
            Dengan menyimak lagunya,seorang pendengar atau penikmat lagu akan mengalami pesan apa yang ingin disampaikan oleh sang pencipta lagu kepada para pendengar. Misalnya lagu religi Opick yang syairnya sangat kental akan nuansa ketuhanan. Dalam lagunya opick banyak mengajak audiens untuk berdzikir, bersholawat, beristighfar, mengingatkan kepada kematian dan banyak juga disampaikan nasihat-nasihat mengenai peristiwa hari akhir dengan tujuan untuk mengingatkan para pendengar supaya tidak terlalu sibuk dengan urusan duniawinya akan tetapi harus mencari bekal untuk kehidupan yang akan datang. 

B. Objek Kajian
a. Material
Opick dalam pesan dakwah melalui syair-syair lagu 
b. Kajian Formal
Makna pesan yang di analisis dengan nilai-nilai pendidikan agama islam dalam syair-syair lagu karya opick.

C. Rumusan Masalah
Dari Uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa pokok permasalahan sebagai berikut:
1.                  Nilai-nilai pendidikan agama islam apa saja yang terkandung dalam syair-syair lagu religi karya Opick ?
2.                  Bagaimana fungsi syair-syair lagu religi Opick dalam pendidikan agama islam ?

D. Tujuan Penelitian
Adapun Tujuan Penelitian :
1.                  Mengkaji dan memahami lebih dalam nilai-nilai pendidikan agama islam dalam syair-syair lagu religi karya Opick
2.                  Untuk mengetahui fungsi syair lagu religi karya Opick dalam pendidikan agama islam. 

E. Kontribusi
Bagi masyarakat umum dapat menambah wawasan dan juga meningkatkan hubungan muamalah yang baik.

F. Thesis Statement
Dalam penelitian ini, peneliti ini menemukan nilai-nilai pendidikan agama islam dalam syair-syair lagu karya opick.

G. Paradigma
Penelitian ini menggunakan paradigma fenomenologi. Yaitu melibatkan pengujian yang teliti dan seksama pada kesadaran pengalaman manusia. Konsep utama dalam paradigma ini adalah makna. Makna merupakan isi penting yang muncul dari pengalaman kesadaran manusia.

H.  Landasan Teori
Dalam Penelitian ini penulis menggunakan media pendidikan sebagai landasan teori. Kata media berasal dari Bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah yang berarti perantara atau pengantar. Banyak batasan yang diberikan orang tentang media. Asosiasi teknologi dan komunikasi pendidikan di amerika membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi. Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Sementara itu bringgs(1970) berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswanya untuk belajar, buku, film adalah contoh-contohnya.

I.Sistematik Penulisan
Dalam Penulisan penelitian ini, untuk lebih mudah memahami penulisan ini, maka disusunlah sistematika pembahasan antara lain:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab pe4mbahasan ini berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan , manfaat penelitian , objek kajian, thesis statement, paradigm naturalis, landasan teori dan sistematika penulisan.
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
Pada bab ini akan membahas tentang nilai-nilai pendidikan islam, yang meliputi pengertian nilai, pengertian pendidikan islam, pengertian nilai-nilai pendidikan islam, landasan dan tujuan pendidikan islam, macam nilai pendidikan Islam serta sumber belajar.                                                                      BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Pada bab ini berisikan tentang  gambaran umum tentang Aunur Rofiq Lil Firdaus (Opick) yang meliputi,  biografi, karya Aunur Rofiq Lil Firdaus (Opick) .
BAB IV : TINJAUAN PUSTAKA
Dalam  bab ini akan membahas tentang komponen nilai-nilai pendidikan Islam dalam syair religi Aunur Rofiq Lil Firdaus (Opick).                    
BAB V Berisi penutup yang meliputi: kesimpulan, saran.

 BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.      PENDIDIKAN ISLAM

1.                  Pengertian Pendidikan Islam
ta’dib yang mengandung arti ilmu pengetahuan, pengajaran dan pengasuhan yang mencakup beberapa aspek yang saling terkait seperti ilmu, keadilan, kebijakan, amal, kebenaran, nalar, jiwa, hati, pikiran, derajat dan adab.
2.                  Pengertian nilai
suatu bentuk penghargaan serta keadaan yang bermanfaat bagi manusia sebagai penentu dan acuan dalam menilai dan melakukan suatu tindakan. 
3.                  Macam-macam metode pendidikan islam
Metode Pembiasaan
Pembiasaan adalah sebuah cara yang bisa dilakukan buat membiasakan murid berfikir, bersikap & bertindak sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.  
Metode Keteladanan
Metode keteladanan adalah suatu cara mendidik atau mengajar yang dilakukan sang pengajar dengan mencerminkan perilaku yg dapat diteladani atau dicontoh sang siswa. 
Metode Pemberian Hukuman
Dalam bahasa arab “hukuman” diistilahkan menggunakan”Iqab” yg ialah balasan.
Metode Ceramah
Metode ceramah merupakan menyampikan sebuah materi pelajaran menggunakan cara penuturan ekspresi kepala anak didik atau halayak ramai. 

                                                                               BAB III   

                                                METODOLOGI PEMBAHASAN

A.  Biografi Opick

1.  Profil Singkat Opick
                                                                                                                        
Aunur Rofiq Lil Firdaus atau lebih dikenal dengan nama Opick (lahir di JemberJawa Timur16 maret 1974 umur 45 tahun) merupakan seorang pencipta lagu dan penyanyi lagu-lagu religi beretnis Jawa berkebangsaan Indonesia. Namanya dikenal melalui salah satu karyanya,  Dealova, yang dinyanyikan oleh Once Mekel. Lagu ini merupakan original sound track film dengan judul yang sama. lbum pertamanya ialah Istighfar dirilis tahun 2005. Sebulan pertama setelah dirilis, album ini mampu mencetak dobel platinum dengan penjualan lebih dari 300 ribu kopi. Dalam album tersebut, Opick memasukkan lagunya yang berjudul Tombo Ati ke dalam album solonya. Sebelumnya, Opick memasukkan lagu itu ke dalam album kompilasi Tausiyah Dzikir dan Nasyid. Album Istighfar sukses di pasaran, hingga menembus lebih dari 800 ribu kopi dan mendapat penghargaan lima platinum sekaligus. Karena aktivitasnya dalam lagu Islami, Opick dinobatkan sebagai duta grup musik Islami Nasyid oleh lembaga ANN (lembaga nasyid nusantara).
Tahun 2006 pria yang mengaku pernah memiliki band yang membawakan lagu-lagu rock itu merilis album keduanya berjudul Semesta Bertasbih (2006). Dalam album tersebut terdapat sepuluh lagu, diantaranya Taqwa, Irhamna, Takdir, Teranglah Hati, 25 Nabi, Semesta Bertasbih, Bismillah, Satu Rindu, Buka Mata Buka Hati dan Ya Rasul. Lagu yang hit dalam album tersebut adalah Takdir yang dinyanyikannya bersama Melly Goeslaw. Selain dengan Melly, Opick juga berduet dengan Wafiq Azizah, remaja yang berprestasi sebagai qoriah cilik internasional terbaik dalam lagu Yaa Rasul. Ada pula kolaborasi Opick dengan grup nasyid Pandawa Lima di lagu Teranglah Hati. Bulan Agustus 2006, tak lama setelah meluncurkan album kedua, Opick mengeluarkan buku berjudul Opick, Oase Spiritual Dalam Senandung.

2.  Karya-karya Opick
                   
Penyanyi kenamaan Opick ini sudah banyak menciptakan karya-karya nya dan tidak jarang mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak. Berikut daftar album musik yang pernah dimiliki opick :

a. Jejak Langkah (album)

Jejak langkah merupakan sebuah album musik dirilis pada tahun 1999 dengan lagu utamanya yang berjudul   yang terindah . album ini bergenre pop rock, berbeda dengan citra religius yang dimiliki opick pada album-album berikutnya. Berikut ini lagu-lagu pada album ini :

1)  Panggung Kesunyian

2)  Pasar Malam di Kepalamu

3)  Yang Terindah

4)  Mata Merah Saga

5)  Kereta

6)  Nyanyian kamar

7)  Nyanyian waktu

b. Tak Ada Habisnya (album)

Album ini dirilis pada tahun 2003 dengan lagu utamanya yang berjudul Kenalilah. Album ini bergenre Pop Rock sama seperti album sebelumnya.lagu- lagunya antara lain :

1)  Jika Kau Cinta

2)  Lelah Sepi Rindu Benci

3)  Kenalilah

4)  Siapa Aku

5)  Yang Terindah

6)  Terbaik Terburuk

7)  Anugerah

8)  Beku

9)  Bidadari Sepi

10) Jangan Pernah Terhenti

c. Istighfar (album )

Istighfar adalah album religi pertama karya opick . dirilis pada 1 Oktober 2005. Hits single album ini adalah lagu tombo ati , alhamdulilah ( dinyanyikan berduet dengan Rachel Amanda ) dan lagu Astaghfirullah, berikut lagu-lagu yang terdapat pada album ini :

1)  Astaghfirullah ( istighfar )

2)  Alhamdulillah ft.Rachel Amanda

3)  Kesaksian Diri

4)  Ya Robbana ft.Jeffry Al Buchori (Alm)

5)  Allah Maha Besar

6)  Shawalat Nabi

7)  Kembali Pada Allah

8)  Cukup Bagiku ft.Gito Rollies

9)  Bila Waktu Telah Berakhir

10) Tombo Ati

d. Semesta Bertasbih ( album )
                  
Semesta Bertasbih adalah album musik kedua karya Opick. Dirilis tahun 2006, dengan lagu unggulanya ialaTakdir yang dinyanyikan berduet dengan Melly Goeslaw. Selain itu lagunya Irhamna berhasil menjadi MTV ampuh song of the year. Lagu Taqwa merupakan adaptasi intro ketukan dari lagu Take Me To Young Heart yang dibawakan band populer asal Denmark , Michael Learns to Rock. Dengan lagu-lagu pada album ini ialah :

1)  Taqwa

2)  Irhamna

3)  Takdir

4)  Teranglah Hati

5)  25 Nabi

6)  Semesta Bertasbih

7)   Bismillah

e. Ya Rahman ( album )

Ya Rahman adalah album musik ketiga karya opick . dirilis tahun 2007. Lagu terpopulernya ialah Taubat.lagu-lagu nya ialah :

1)  Assalamualaikum

2)  Taubat

3)  Rapuh

4)  Pewaris Surga

5)  Mendambamu

6)  Haji

7)  Allah Cinta

8)  Beruntunglah

9)  Ya Rahman

10) Husnul Khotimah

11) Sedekah

12) Allahu Ya Salam

f Cahaya Hati ( album )

Cahaya Hati adalah album musik keempat karya  Opick. Dirilis tahun

2008. Lagu populernya ialah Cahaya Hati ,Ya Nabi Salam dan Ramadan Tiba. Lagu-lagunya ialah :


1)  Hanya Allah

2)   Cahaya Hati


BAB IV

 TINJAUAN PUSTAKA
Namun dijelaskan  lagi secargaris besarnya,  aspek ajaran Islam terdiri atas 3 hal, yaitu aqidah, syariah dan akhlak.
1.                  Nilai Pendidikan Keimanan (Aqidah) Menurut  Hasyim,  aqidah ataiman
merupakan fondasi dari ajaran Islam yansifat ajarannya pasti, yaitu meng-Esakan Tuhan. Pembahasan pokok aqidah Islam berkisar  pada  aqidah  yantelah terumuskan dalam rukun Iman yang enam, yaitu iman kepada Allah, iman kepada Malaikat  Allah, Iman kepada Kitab-kitab Allah,    Iman    kepada    Rasul-rasul-Nya, iman kepada Hari Akhir dan Iman kepada Qadla dan Qadar Allah.
Olekarena  itupendidikan keimanan,  harudijadikan  sebagai  salah satu   poko dari   pendidika kesalehan anak. Dengannya dapat diharapkan bahwa kelak  iakan  tumbuh  dewasa  menjadi insan yang beriman kepada Allah SWT., melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan keimanan yang sejati bisa membentengi dirinya dari berbuat dan berkebiasaan buruk.

2. Nilai Pendidikan Ibadah
Ibadah adalah tunduk patuh yang timbudarkesadaran  hati  akan keagunga yang  disemba yaitu   Allah swt, karena yakin bahwa sesungguhnya Allah swt itu mempunyai kekuasaan yang tidak dapat dicapai oleh akal akan hakekatnya Ibadah dalam pandangan  ilmu  Fiqh ada dua yaitu ibadah mahdloh dan ibadah ghoiru mahdlah. Ibadah mahdloh adalah ibadah yang telah ditentukan oleh Allah bentuk,  kadar atau  waktunya  seperti halnya shalat, zakat, puasa dan haji. Sedangkan ibadah ghairu mahdloh adalah sebaliknya, kurang lebihnya yaitu segala bentuk aktifitas manusia yang diniatkan untuk memperoleh ridha dari Allah SWT.

3 Nilai Pendidikan Akhlak
Kata akhlak berasal dari bahasa arab yanartinya  budpekerti,  perangai, tingkah laku atau tabiat. Akhlak tidak hanya merupakan tata aturan atau norma perilaku yang mengatur hubungan antara sesame manusia, akan tetapi  juga  norma  yang  mengatur hubungan  antara  manusia  dengaTuhan dan bahkan dengan seluruh alam semesta.
Manusia    meman diberikan    dua jalan (najdain) yakni jalan yang baik (taqwa) dan jalan yang buruk (fujur). Keduanya    menjadi    potensi    yan ada dalam diri manusia sejak awal penciptaan manusia. Akan tetapi walau kedua potensi itu ada dalam diri manusia tetap saja ditemukan isyarat dalam Al-Qur’an bahwa kebajikan lebih dahulu menghiasi jiwa manusia daripada kejahatan, dan bahwa manusia pada dasarnya cenderung pada kebaikan.


BAB V

Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan yaitu menganalisis dan mendeskripsikan tentang kandungan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam syair lagu Aunur Rafiq Lil Firdaus (Opick) pada album Istighfar. Sebagaimana telah disebutkan pada bab-bab sebelumnya akhirnya dapat diambil kesimpulan  bahwa  terdapat  nilai-nilai pendidikan  Isladalam  lirik lagu  Opick pada album Istighfar tahun 2005 yaitu:
1. Nilai-nilai    pendidikan    Islam    diantaranya
adalah nilai pendidikan aqidah, yaitu berisi tentang   keimana yan meyakin adanya Allah swt dan Rasul-rasul Allah. Nilai pendidikan Ibadah yang berisi tentang menjalankan  Ibadasebagai  bentuk kepatuhakepada Allah swt dan doa serta nilai pendidikan  akhlak  yanberisi tentang taubat, tolong menolong terhadap sesama manusia  dasyukur  nikmat  kepada  Allah swt.


2. Nilai-nilai  pendidikan  Islam  yang ada pada syair lagu tersebut dapat diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari dan lagu religi bisa dijadikan sebagai sumber belajar bagi guru mata   pelajara agam Isla di   sekolah maupun diluar sekolah. Lagu religi bisa dikatakasebagai salah satu sumber belajar apabil memilik kriteria seperti   adanya pesan  yang  sangat  baik  dan mendidik  bagi yanmedengarkannya.  Praktis  dan sederhana, bersifat fleksibel dapat digunakan kapan saja, serta dapat memotivasi untuk menjadi lebih baik, disamping itu untuk mendapatkan sumber belajar tidak harus menggunakan dana dan fasilitas yang mahal, dengan memanfaatkan media yang sudah ada seperti VCD dan kaset, sehingga dapat dinikmati oleh siapa saja.
Saran
1. Bagi Musisi,  musik  merupakan  bagian  dari hiburan  dimasyarakat   sehingga  dapat dijadikan sebagai media dan sumberi pendidikabagi mendengarkannya,  oleh karena itu penulis member saran agar dalam menciptakan lirik lagu yang khususnya mengandung unsur religi, pesan yang disampaikannydapat memberikan motivasi agar dapat dijadikan sebagai panutan bagi pendengarnya menjadi lebih baik.
2. Bagi pecinta musik, agar dapat memilih dan mengambil hikmah disetiap lagu yang didengarkannya. Diutamakan dalam memilih lagu tersebut yang didalamnya terdapat nilai pendidikanny serta   membel kary yang asli.
3. Bagi     Guru     Pendidikan     Islam,     dalam mengajarkan nilai pendidikan Islam dapat menggunakan  lagreligi sebagai  salah satu sumber belajar untuk menyampaikamateri kepada peserta didik.
Sumber
1.Skripsi
Endang,’’ Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Lagu-Lagu Kasidah Bimbo’’ Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2001.
2.Abdurrahman Mas’ud Dkk, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2001
Youtube                 
3. Syair  lagu Opick Tombo ati : https://youtu.be/oFJBpHw2XbQ
4.Syair lagu Opick bertasbih : https://youtu.be.7s9kl1Jn2laq
5 Syair lagu  Opick feat amanda Satu Rindu : https://youtu.be/78o9szKp6Uo
6. syair lagu opick feat melly goeslow : https://youtu.be/u8JT8n0X9E
7. syair lagu opick di bawah langitmu : https://youtu.be/1S583KSaS1k
8. syair lagu opick rahmat-NYA : https://youtu.be/ohj_iapBhxc
9. syair lagu opick assalamualaikum : https://youtu.be/I3pYBTOb2Io
10. syair lagu opick rapuh: https://youtu.be/V1cL9l4vl-A



Komentar

Postingan Populer